Mengenal Proxy Server

Proxy server adalah sebuah server (penyedia layanan) yang menjadi perantara (gateway) antara komputer client dengan web server untuk bisa terhubung dengan internet. Bisa dikatakan proxy server sebagai pihak ketiga yang menjembatani setiap perintah yang dilakukan komputer client untuk disampaikan kepada web server. Kemudian web server yang menerima request (permintaan) dari proxy server tadi akan menampilkan request yang dibutuhkan proxy server, dan proxy server melanjutkannya ke komputer client.

Cara menggunakan Proxy Server :

  1. Menggunakan Web Proxy, web proxy paling mudah digunakan, karena pengguna hanya tinggal memasukkan alamat website yang ingin dibuka melalui form di web proxy tersebut. Selanjutnya, web proxy secara otomatis membuka web tujuan pada browser. Contoh : Hidemyass.com
  2. Merubah proxy di browser, untuk merubah proxy di browser, terlebih dahulu dapatkan proxy yang berbentuk IP address melalui web yang menyediakan proxy list atau menggunakan bot yang dapat scrape proxy address, seperti Proxy Autobot. Kemudian melakukan setting kecil dengan memasukkannya IP Proxy ke browser yang digunakan.

Cara setting menggunakan browser Mozilla Firefox adalah sbb :

  1. Klik menu Option pada bagian pengaturan Mozilla Firefox
  2. Klik pilihan Advanced pada menu sidebar sebelah kiri
  3. Klik pada tab Network
  4. Klik Setting
  5. Pilih Manual proxy configuration
  6. Masukkan IP proxy yang didapat. Misal : 109.169.6.152:8080 maka masukkan HTTP Proxy = 109.169.6.152 dan masukkan pada Port = 8080
  7. Klik OK

Perlu diingat bahwa IP Proxy tersebut memiliki masa pakai. Apabila sudah melebihi masa pakai, maka akan menyebabkan jaringan tidak terkoneksi dan tidak bisa membuka web yang diinginkan. Masa pakainya paling lama sekitar 1-2 jam, bervariasi tergantung pemilik proxy server. Pastikan mendapatkan proxy yang masih fresh. Untuk mendapatkan proxy yang fresh kita dapat menggunakan Proxy Autobot.

Proxy server juga memiliki tingkat anonimitas, dimana proxy server dibagi menjadi 3 tingkat anonimitas, yaitu :

  1. Transparent Proxy, yaitu proxy yang akan meneruskan informasi klien seperti IP Address ke target server atau tidak anonim sama sekali. Beberapa dikenal sebagai caching proxy, yang bertujuan untuk cache data yang bertujuan untuk mempercepat akses internet.
  2. Anonymous Proxy, yaitu proxy yang menyediakan tingkat anonim yang cukup. Proxy ini tidak akan menampilkan IP address, sehingga tidak terlihat oleh target server. Tetapi target server mengetahui bahwa koneksi kita melalui sebuah proxy.
  3. Elite Proxy, merupakan proxy terbaik karena memberikan tingkat anonimitas tertinggi. Ketika menggunakan proxy ini, target server tidak akan mengetahui IP address kita dan juga tidak mengetahui apakah kita menggunakan proxy atau tidak.

Proxy Autobot mampu menyaring proxy yang didapatkan secara fresh, sehingga di dapatkan proxy dengan level Transparent dan level Anonymous sekaligus membuang proxy yang sudah mati.

Untuk mendapatkan Proxy Autobot silakan langsung ke sini.

Incoming search terms:

  • cara menggunakan grab proxy
  • cara menggunakan proxy auto reaction
  • mengenal apa itu http proxy
  • NETHOST GRAB PROXY adalah

2 thoughts on “Mengenal Proxy Server

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *